Berikut ini Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 Perbutir Soal menurut hasil bedah Kisi-kisi UN Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018/2019. Semoga pola prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 Perbutir Soal sanggup membantu para siswa Sekolah Menengah Pertama dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional yang pada umumnya akan dilaksanakan dengan moda UNBK.
PERKIRAAAN KISI-KISI UN Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019
(HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No Urut. | Indikator Yang Diuji | |
1. MEMBACA NONSASTRA | ||
1 | Menentukan makna kata sesuai konteks paragraf tersebut. | |
2 | Menentukan maksud salah satu kalimat pada paragraf tersebut. | |
3 | Menentukan pernyataan sesuai isi pragraf tersebut. | |
4 | Menentukan kalimat yang menyatakan kontradiksi dr paragraf terdiri atas 4 atau 5 kalimat | |
5 | Menentukan ilham pokok paragraf yg terdiri atas 4 atau 5 kalimat | |
6 | Menentukan kalimat utama paragraf terdiri atas 4 kalimat dengan diberi nomor | |
7 | Menentukan final isi paragraf terdiri atas 5 atau 6 kalimat | |
8 | Menentukan ringkasan isi teks terdiri atas dua paragraf | |
9 | Menentukan perbedaan penggunaan pelajaria dua paragraf | |
10 | Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan cerpen | |
2. MEMBACA SASTRA | ||
11 | Menentukan makna ungkapan pada kutipan cerpen | |
12 | Menentukan pernyataan yg merupakan isi obrolan salah satu tokoh pada kutipan | |
13 | Menentukan keistimewaan tokoh pada kutipan biografi | |
14 | Menentukan tindakan tokoh yang patut diteladani pada kutipan kutipan teks biografi | |
15 | Menentukan tokoh utama pada kutipan cerpen | |
16 | Menentukan latar (tempat, waktu, suasana) kisah pendek pada kutipan | |
17 | Menentukan petunjuk pengarang menggambarkan tabiat tokoh pd kutipan cerpen | |
18 | Menentukan makna simbol dari kata tertentu pada kutipan cerpen | |
19 | Menentukan amanat pada kutipan cerpen | |
20 | Menentukan nilai kehidupan (moral, sosial, budaya) pada kutipan fabel | |
21 | Menentukan penyebab/akibat konflik pd kutipan cerpen | |
22 | Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel tersebut | |
23 | Menentukan perbedaan penggunaan pelajaria pada dua kutipan cerpen | |
24 | Menentukan kebiasaan tokoh yang tergambar pada kutipan fabel | |
25 | Menentukan keunggulan/kelemahan pd kutipan karya sastra (cerpen/fabel) | |
3. MENULIS TERBATAS | ||
26 | Menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang | |
27 | Menentukan kata seru yang sempurna untuk melengkapi kalimat rumpang | |
28 | Menentukan urutan yang sempurna pada 5 kalimat petunjuk | |
29 | Menentukan susunan yang sempurna pada 5 kalimat laporan | |
30 | Menentukan kalimat yang sempurna untuk melengkapi kalimat rumpang | |
31 | Mengubah kutipan cerpen dg sudut pandang pengarang berbeda (orang pertama ke orang ketiga atau sebaliknya) | |
32 | Menentukan cerpen yang sempurna sesuai dengan kutipan naskah drama | |
33 | Menentukan paragraf yang sempurna menurut data hasil pengamatan suatu objek | |
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, PARAGRAF | ||
34 | Menentukan kata dari kalimat mengpergunakanlah pilihan kata salah | |
35 | Menentukan kalimat tidak efektif dalam paragraf | |
36 | Menentukan pilihan kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat rumpang | |
37 | Menentukan kata sandang yang sempurna untuk melengkapi kalimat rumpang | |
38 | Menentukan kt penghubung yg sempurna untuk melengkapi 2 atau 3 kalimat rumpang dlm paragraf | |
39 | Menentukan istilah yg sempurna untuk mengganti istilah dlm penggunaan 2 atau 3 istilah tidak sempurna dlm paragraf | |
40 | Menentukan perbaikan kesalahan kaidah penggunaan kata berimbuhan, kata gabung/kata ulang dlm kalimat | |
41 | Menentukan perbaikan kalimat kalimat tidak efektif | |
42 | Menentukan perbaikan paragraf tidak padu | |
43 | Menentukan alasan kesalahan kaidah penggunaan kata dlm kalimat | |
44 | Menentukan alasan ketidakefektifan dr kalimat tidak efektif | |
45 | Menentukan perbaikan kesalahan penggunaan ejaan | |
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
46 | Menentukan kata dr kalimat yang mengpergunakanlah kata salah penulisan huruf | |
47 | Menentukan tanda baca dr penggunaan tanda baca yang salah atau yang lain dlm paragraf | |
48 | Menentukan perbaikan kesalahan dr 2 kesalahan penulisan abjad kapital pada kata dlm paragraf | |
49 | Menentukan perbaikandr kesalahan penggunaan tanda baca dlm kalimat | |
50 | Menentukan alasan kesalahan penggunaan tanda baca dalam paragraf |
Catatan: nomor urut bukan mengatakan nomor soal
Link download Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 Perbutir Soal.
Demikian isu perihal Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 Perbutir Soal hasil bedah kisi-kisi UN Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2018/2019 Semoga bermanfaat, terima kasih.
Advertisement